Friday, January 22, 2016

6 Negara Paling Berbahaya di Dunia


Sejumlah orang berkumpul di lokasi kereta api yang tergelincir dari rel di daerah pegunungan Bolan dekat Quetta dalam perjalanan ke Rawalpindi, Pakistan, Selasa (17/11). 12 orang tewas dan ratusan terluka dalam kecelakaan tersebut (AFP PHOTO/BANARAS KHAN)

Terdapat sebuah data negara-negara yang peringkat terendah di Prosperity Index Legatum dalam hal Keselamatan dan Keamanan.
Beberapa tahun terakhir terdapat tujuh negara yang paling berbahaya. Dalam tujuh tahun terakhir, telah terjadi penurunan yang dramatis dalam keselamatan dan keamanan di Afrika, Timur Tengah, dan semua daerah lain secara global kecuali Eropa.
Seperti melansir dari, wolrdaltas.com, Kamis (21/1/2016), terdapat beberapa penurunan daerah, sesuai data yang disajikan dalam artikel ini didasarkan pada The Legatum Prosperity Index 2015:
 1. Republik Demokratik Kongo
Negara paling berbahaya di dunia adalah Republik Demokratik Kongo. Warga yang tinggal dalam wilayah yang dekat Timur dan Utara perbatasan negara ini disarankan berhati-hati, atau jika tidak penting jangan pergi ke daerah tersebut karena situasi di sana yang tidak stabil.
Di negara ini sering terjadi penculikan, mutilasi, dan pemerkosaan. Kongo juga bahaya akan kejahatan di jalanan, perampokan hingga perampasan yang dilakukan anak muda di jalanan. Hal itu tak terjadi pada malam hari, tapi setiap saat.
Hindari berjalan sendiri jika tidak ingin terjadi sesuatu. Aparat keamanan di sini juga dikenal korupsi atau bahkan kongkalikong dengan para penjahat. Tapi yang mengejutkan, tak ada isu teroris di negara ini.
2.  Afghanistan
Afghanistan juga salah satu negara yang punya tingkat keamanan terendah di dunia. Di negara ini juga terjadi insiden dengan skala besar seperti terorisme, kemudian bom bunuh diri dan serangan menggunakan bom rakitan pada kendaraan. Kejadian tersebut sering terjadi di Afghanistan.
3.  Suriah 
Banyak warga Suriah mengungsi ke negara-negara lain. Karena di Suriah, kelompok militan dan radikal ISIS tengah merajalela. Negara barat juga mengenal Suriah adalah negara yang tak aman.
Di negara ini juga sering terjadi perang saudara, yang dimulai pada awal tahun 2011. Kejadian tersebut telah menyebabkan lebih dari 76.000 korban sipil dan hampir 300.000 orang telah tewas.
4.  Afrika Tengah 
Menurut The Legatum Prosperity Index 2015, Republik Afrika Tengah adalah negara paling berbahaya keempat di dunia. Afrika Tengah juga menjadi salah satu negara termiskin di dunia yang berkaitan dengan banyak masalah administrasi, infrastruktur, dan ekonomi. Meski telah mengkudeta militer pada tahun 2003, negara ini masih berbahaya sampai hari ini.
Selain itu negara ini juga menjadi negara dengan tingkat ancaman tinggi terhadap keselamatan warga sipil. Negara ini berbahaya karena ada kelompok-kelompok pemberontak bersenjata dan pelanggaran hukum umum.
5. Pakistan
Pakistan telah diklasifikasikan sebagai negara paling berbahaya kelima di dunia. Tingkat terorisme di negara ini dapat dikatakan sebagai alasan terbesar kenapa Pakistan mmasuk dalam daftar. Banyak ancaman yang tinggi dari terorisme, penculikan, dan sektarian kekerasan yang hadir di sebagian besar Pakistan.
6. Sudan
Di Sudan, memang tidak sering terjadi perampokan bahkan bepergian sendirian untuk wanita relatif aman, namun itu jika warga yang memakai pakaian adat setempat. Ada dua daerah di Sudan yang dikenal sangat berbahaya.
Dua daerah di Sudan yang sangat berbahaya yaitu Kordofan Selatan dan Darfur. Gubernur Kordofan Selatan, menjadi terdakwa karena kejahatan perang terhadap warga sipil dan kejahatan terhadap kemanusiaan oleh Mahkamah Pidana Internasional. Perang adalah sesuatu yang biasa terjadi di Darfur sejak tahun 2003.
(sumber liputan6.com)

No comments:

Post a Comment